Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester :
X / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
1. Mengapresiasi
karya seni rupa
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan daerah setempat
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Menjelaskan pengertian seni rupa terapan
Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran)
daerah Madura
Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah
Madura
Menyebutkan
model/corak ukiran Madura
Menggambar
motif-motif ukiran Madura
Menyebutkan sikap
apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan
|
Menghargai
keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur,
disiplin, demokratis
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Kreatif
(Mengemukakan gagasan baru)
Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni
rupa terapan daerah setempat
§ Siswa dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan
teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
E. Materi
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Karya seni
rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional/kegunaan
yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis
2. Sikap apresiatif
merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan menghayati hasil
karya dalam hal ini seni ukir Madura.
3. Seni ukir
Madura pada umumnya bermotif daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)
F. Metode
Pembelajaran
§ Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan daerah setempat
· Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam
karya seni rupa terapan daerah setempat
|
§ Keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
·
Sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
|
§ Siswa dapat
Diskusi dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan
teknik seni rupa terapan daerah Madura
§ Siswa dapat
Praktik menggambar motif cakra
·
Siswa dapat Diskusi tentang sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Madura
|
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang karya seni rupa
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan
baik, untuk membantu siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa terapan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
:
· Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami keunikan gagasan dan teknik seni
rupa terapan daerah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
:
· Dengan
berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak mengapresiasi terhadap keunikan gagasan
teknik seni rupa terapan daerah Madura
· Siswa mengerjakan
tugas latihan soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai
keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur,
disiplin, demokratis.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin,
jujur, disiplin, demokratis,);
Penutup
· Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman
materi
· Siswa
dan guru melakukan refleksi
· Guru
memberikan tugas rumah (PR)
H. Alat dan Bahan
1. Alat : alat
gambar
2.
Sumber belajar :
§
Buku paket
§
Buku lain yang relevan (LKS)
I. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Jelaskan yang
disebut karya seni rupa terapan!
2. Sebutkan
keunikan gagasan ukiran daerah Madura!
3. Sebutkan
minimal tiga keunikan teknik seni rupa terapan daerah Madura!
4. Sebutkan
motif-motif ukiran Madura!
5. Bagaimana
saran Anda agar ukiran Madura lebih maju dan berkembang!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ......
……….................
Kepala
Sekolah.......... Guru Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar