Pages

Peranan Guru Dalam Pembangunan Bangsa Dan Negara

PERANAN GURU DALAM PEMBANGUNAN BANGSA DAN NEGARA
                Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam usaha pencerdasan kehidupan bangsa, sehingga pendidikan sangat penting artinya bagi kehidupan manusia sebagai individu baik dalam keluarga maupun bangsa dan negara.
        Dalam proses pendidikan guru merupakan faktor utama dalam tugasnya sebagai pendidik,guru banyak sekali memegang berbagai jenis peranan yang harus dilaksanakan sebagai seorang guru. Seorang guru juga harus ditiru artinya seorang guru menjadi suri teladan bagi siswanya mulai dari cara berpikir , cara bicara dan cara berprilaku sehari-hari.  Dari sinilah sebenarnya sosok guru memiliki peran yang luar biasa dominannya bagi para siswa. Peranan tersebut meliputi pola tingkah laku baik kegiatannya di dalam sekolah maupun diluar sekolah.  Guru yang baik adalah mereka yang berhasil di dalam memerankan peranan-peranannya dengan sebaik-baiknya, yang berarti dapat menunjukkan polah tingkah laku yang sesuai dengan tugasnya dan dapat diterima oleh lingkungan masyarakatnya.
        Disamping peranan tersebut di atas keberadaan guru yang bermutu merupakan syarat mutlak hadirnya sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas, pemerintah harus mendorong keberadaan guru yang berkualitas.  Salah satu kebijakan pemerintah yang langsung mempengaruhi mutu pendidikan dengan melaksanakan sertifikasi guru. Guru harus mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat profesi guru.
        Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru. Sertifikasi guru bukanlah tujuan, melainkan sarana untuk mencapai suatu tujuan, yakni keberadaan guru yang berkualitas. Guru harus menyadari apa yang dilakukan melhirkan aktivitas yang benar, bahwa apa yang dilakukan dalah untuk mencapai  kualitas. Jadi guru harus mempersiapkan diri dengan belajar yang benar untuk memberikan ilmu yang dimiliki kepada siswanya.

        Guru adalah komponen penting dalam pendidikan. Dipundaknya siswa menggantungkan harapan terhadap pelajaran yang diajarkannya. Benci atau sukanya siswa terhadap suatun pelajaran bergantung  pada bagaimana guru mengajar. Guru adalah ujung tombak dalam sistem pendidikan, tentu kita sangat berharap kepada guru dan kharismanya dihadapan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar