Penelitian Tindakan Kelas
Tindakan Sendiri
Direnungkan
Mendapatkan teori




Implementasi
BAB I PENDAHULUAN
A Latar Belakang Masalah
B Perumusan Masalah
C Tujuan Penelitian
D Manfaat Penelitian
A. Latar Belakang Masalah
Ø Ciri masalah mengandung variabel
Ø Variabel: sesuatu yang dapat berubah-ubah
Ø Variabel pada masalah pokok yang diteliti dikenal dengan variabel terikat (Y)
Ø Masalah tidak berdiri sendiri selalu berkonstelasi dengan masalah lain
Ø Masalah lain tersebut umumnya mengandung variabel bebas (X)
CONTOH MASALAH
Masalah Pokok :
- Rendahnya hasil belajar matematika.
Variabel Y : Hasil belajar matematika
- Kedisiplinan kehadiran siswa :
Variabel Y : Kedisiplinan kehadiran
ISI LATAR BELAKANG PADA PTK :
- Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
- Menulis harapan yang akan dituju (kondisi akhir)
- Adanya masalah : kesenjangan antara kenyataan dan harapan
- Adanya solusi/pemecahan masalah:
a. Identifikasi masalah
b. Pembatasan masalah
c. Adanya Solusi
PERUMUSAN MASALAH :
ü Sebagai dasar untuk penentuan teori yang akan digunakan.
ü Sebagai arah dalam menentukan judul penelitian
ü Sebagai arah dalam menentukan metode penelitian
ü Sebagai arah dalam menentukan jenis penelitian
. TUJUAN PENELITIAN
- Tujuan Umum :
Untuk meningkatkan Y
- Tujuan Khusus :
Untuk meningkatkan Y melalui X
BAB II
A. LANDASAN TEORI DAN
A. LANDASAN TEORI DAN
B. PENELITIAN YANG RELEVAN
C. PENGAJUAN HIPOTESIS
C. PENGAJUAN HIPOTESIS
A. LANDASAN TEORI
ü Sebagai dasar untuk mencari kebenaran berdasarkan kajian teori
ü Teori-teori yang diambil harus relevan
ü Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diambil
ü Diambil dari teori-teori yang terbaru
ü Diambil dari berbagai aliran
ü Sebagai dasar untuk mencari kebenaran berdasarkan kajian teori
CONTOH SUB JUDUL PADA LANDASAN TEORI
Judul Penelitian :
“UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS IV SD .… SEMESTER …. TAHUN PELAJARAN ….”
Sub Judul pada landasan teori :
- Hasil belajar matematika
a. Hakekat Matematika
b. Hakekat Belajar
c. Hasil Belajar
d. Hasil Belajar Matematika
- Pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual
a. Pembelajaran
b. Hakekat Pendekatan
c. Pendekatan Kontekstual
B. PENELITIAN YANG RELEVAN
ü Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diteliti
ü Untuk menghindari duplikasi
ü Penelitian relevan baik dilakukan oleh peneliti sendiri maupun oleh orang lain
ü
C. KERANGKA BERFIKIR





KONDISI Guru : Siswa :
AWAL Belum menggunakan Hasil belajar pendekatan kontekstual matematika rendah
D. HIPOTESIS TINDAKAN
Merupakan jawaban sementara berdasarkan pada kajian teori dan kerangka berfikir


Contoh Hipotesis :
PM : Apakah melalui X dapat meningkatkan Y?
Judul : Upaya peningkatan Y melalui X
Hipotesis : Melalui X dapat meningkatkan Y
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
- Setting Penelitian
- Subjek Penelitian
- Sumber Data
- Teknik dan Alat Pengumpulan Data
- Validasi Data
- Analisis Data
- Indikator Kinerja
- Prosedur Penelitian
A. SETTING PENELITIAN
- Waktu Penelitian
a. Kapan penelitian itu dilakukan
b. Beri alasan mengapa penelitian dilakukan pada waktu itu (khususnya pada
tindakan)
- Tempat Penelitian
a. Dimana penelitian itu dilakukan
b. Beri alasan mengapa penelitian dilakukan pada tempat itu
B. SUBJEK PENELITIAN
ü Pada PTK tidak menggunakan populasi, sample, dan teknik sampling
ü Populasi = sample, merupakan subjek
ü Subjeknya siswa (dapat guru dan sebagainya)
C. SUMBER DATA


D. TEKNIK DAN ALAT PENGUMPULAN DATA
- Teknik pengumpulan data:
a.Tes
b.Observasi
c.wawancara, dll
- Alat pengumpulan data
a.Butir soal tes
b.Lembar observasi
c.Pedoman wawancara, dll
E. VALIDASI DATA
- Hasil belajar (nilai tes) yang divalidasi instrumen tes. Menentukan validitas teoritik maupun validitas empirik (analisis kualitatif dan kuantitatif)
- Proses Pembelajaran (observasi, wawancara) yang divalidasi datanya melalui triangulasi:
a. Triangulasi sumber
b. Triangulasi metode
F. ANALISIS DATA
ü Tidak menggunakan uji statistik
ü Menggunakan analisis diskriptif :
a Hasil belajar dianalisis dengan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes antar siklus maupun dengan indikator kinerja
b Observasi maupun wawancara dengan alanisis diskriptif berdasarkan hasil observasi dan refleksi
G. INDIKATOR KINERJA





H. PROSEDUR PENELITIAN


-Planning
-Acting
-Observing
-Reflecting

BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN
- Deskripsi Kondisi Awal
- Deskripsi Hasil Siklus I
1.Perencanaan Tindakan
2.Pelaksanaan Tindakan
3.Hasil Pengamatan
4.Refleksi
- Deskripsi Hasil Siklus II
- Pembahasan Tiap Siklus & Antar Siklus
- Kesimpulan dari Hasil Penelitian
BAB V PENUTUP
- Kesimpulan
- Saran
PENULISAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Bagian Pembuka
1.Halaman Judul
2.Lembar Pengesahan
3.Kata Pengantar
4.Daftar Isi
5.Daftar Tabel (bila ada)
6.Daftar Gambar (bila ada)
7.Daftar Lampiran
8.Abstrak (bila diperlukan
BAGIAN ISI
BAB I PENDAHULUAN
A Latar Belakang Masalah
B Perumusan Masalah
C Tujuan Penelitian
D Manfaat Penelitian
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
A Landasan Teori
B Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Berfikir
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A Setting Penelitian
B Subjek Penelitian
C Sumber Data
D Teknik dan Alat Pengumpulan Data
F Analisis Data
G Indikator Kinerja
H Prosedur Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A Deskrisi Kondisi Awal
B Deskripsi Siklus I
C Deskripsi Siklus II, dst
D Pembahasan Tiap Siklus dan Antar Siklus
BAB V PENUTUP
A Kesimpulan
B Saran
C. Bagian Penunjang
1. Daftar Pustaka
2 Lampiran-lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar