Pages

Peranan Matematika Dalam Kehidupan sehari-hari


BAB I
PENDAHULUAN
A.                 Latar Belakang Masalah
Matematika pada awalnya dikembangkan dari hasil riset, para ahli ilmu pengatahuan.  Para ulama atau cendikiawan muslim yang berhasil menemukan berbagai bidang bidang ilmu pengatahuan diantaranya ilmu matematika.  Hasil dari terjemahan buku-buku asing ke dalam bahasa Arab yangmenghasilkan bidang matematika.  Diantaranya ahli matematika islam yang terkenal adalah AL-Kwarizmi. Ia adalah seorang pengarang kitab AL-Gebra (yang dikenal dengan nama AL-Jabar), dan ahli dalam bidang matematika yang menemukan angka nol (0), sedangkan angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9,0, disebut juga angka arab. Dari sinilah ilmu matematika terus dikembangkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, sehingga matematika merupakan ilmu dasar atau pelejaran pokok yang dipelajari pokok yang dipelajari sampai sekarang.      Wawasan pendidikan matematika sangat penting  bagi peserta didik karena materi ini membawa peserta kepemahaman tentang karakteristik matematika yang memiliki objek abstrak, ber tumpu pada kesepakatan, pola pikir dedukatif, memiliki simbol yang kosong dari arti, memperhatikan semesta pembicaraan dan konsisten dalam sistemnya.
Tapi kenyataan, matematika sering kali disalah artikan oleh sebagian kaum pelajar, terkadang mata pelajaran ini dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak menyenangkan.
Kenyataan ini tidak jarang berubah menjadi suatu kebencian terhadap apa saja yang berhubungan dengan matematika. Dan sebagian masyarakat menganggap bahwa matematika kurang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Dan tidak jarang pula timbul pertanyaan bahwa apa sebenarnya manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari ?.Namun tanpa disadari oleh banyak kalangan pelajar dan juga oleh kalangan masyarakat bahwa matematika memiliki manfaat yang luar biasa dalam kehidupan manusia.
Untuk itu dalam hal ini, mendorong  penulis untuk mengkaji lebih dalam dan berusaha memahami tentang sejauh mana peranan matematika dalam kehidupan sehari -hari. Agar hal injuga menjadi pandangan bagi penulis.
B.       Tujuan Mnegungkapkan Masalah
Tujuan dalam penulisan makalah ini tidak lain agar para pembaca dapat mengetahui secara mendalam  tentang seluk beluk peranan matematika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga para pembaca tidak menganggap bahwamaatematika sebagai mata pelajaran yang tidak menyenangkan, kurang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat dan lain sebagainya, tapi sebaliknya kita harus beranggapan bahwa matematika sebagai wahana pendidikan yang tidak hanya dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan, misalnya mencerdaskan siswa tetapi dapat pula membentuk kepribadian siswa serta mengembangkan keterampilan tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar