RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata
Pelajaran : PKn
Materi
Pokok : Bangsa dan Negara
o
manusia sebagai mahkluk individu dan
mahkluk sosial
o
Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o
Pengertian Negara dan Unsur-unsur
terbentuknya negara
-
Rakyat
-
Wilayah
-
Pemerintah yang berdaulat
-
Pengakuan dari negara lain
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI : 1.
Memahami hakikat bangsa
dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR : 1.1.
Mendeskripsikan hakikat
bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
|
Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya bangsa
|
|
3
|
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya
Negara
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia
sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur
terbentuk-nya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
·
Memahami hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya
negara
|
·
Menganalisis
pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
·
Menganalisis
pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
|
·
Siswa berlatih Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
( Menit )
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
-
Memberikan salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
-Disiplin
-Kerjasama
-Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
F Menjelaskan pengertian negara dan
unsur terbentuknya Negara
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Diskusi Kelompok tentang hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya
negara.
F Tanya
jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
-Kerjasama
-Kesungguhan
-Disiplin
-Uji diri
|
Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
3.
|
Penutup
-
Evaluasi / Tanya jawab
-
Penenangan
|
20’
|
-
Pengendalian diri
|
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra.
Retno Listyarti.
2. Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP
Malang.
3. Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA,
Jakarta Penerbit Erlangga
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar