PEMETAAN STANDAR ISI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | TINGKAT BERPIKIR | INDIKATOR | TINGKAT BERPIKIR | MATERI POKOK/ PENGEMBANGAN | Ruang Lingkup | WAKTU | ||||
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive | C1 | · Membaca sajian data dalam bentuk tabel | C1 | Statistika: Diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran. Histogram dan ogive | Statistika | 2 x 45’ | ||||
| · Membaca sajian data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran dan ogive | CI | | | ||||||
| · Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram | C1 | | 2 x 45’ | ||||||
| C3 | · Menjelaskan langkah-langkah menyajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran histogram dan ogive | C2 | Statistika: Diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran. Histogram dan ogive | Statistika | 2 x 45’ | ||||
| · Menggambarkan data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran.. | C3 | | 2 x 45’ | ||||||
| · Menggambarkan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram serta ogive | C3 | | | 2 x 45’ | |||||
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya | C2 | · Menjelaskan pengertian ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data | C1 | Pengertian Ukuran Pemusatan, Ukuran Letak dan Ukuran Penyebaran | Statistika | 2 x 45’ | ||||
| · Menghitung ukuran pemusatan (rataan, median, modus) pada data tunggal dan data kelompok. | C2 | Ukuran Pemusatan : Rataan, Modus, Median | | 4 x 45’ | |||||
| · Menghitung ukuran letak(kuartil dan desil) pada data tunggal dan data kelompok. | | Ukuran letak: Kuartil, desil | | 2 x 45’ | |||||
| · Menghitung ukuran penyebaran (Jangkauan, simpangan kuartil, variansi dan simpangan baku) pada data tunggal dan data kelompok. | | Ukuran Penyebaran: Jangkauan, simpangan kuartil, variansi dan simpangan baku | | 2 x 45’ | |||||
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah | C3 | · Menjelaskan pengertian aturan perkalian, permutasi dan kombinasi | C1 | Aturan Pengisian Tempat § aturan perkalian § permutasi dan § kombinasi | Peluang | 1 x 45’ | ||||
| · Menjelaskan cara menentukan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi | C2 | | 2 x 45’ | ||||||
| · Menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari | C3 | | 2 x 45’ | ||||||
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan | C2 | · Menjelaskan pengertian titik sampel dan ruang sampel suatu percobaan | C1 | Titik Sampel dan Ruang Sampel | Peluang | 1 x 45’ | ||||
| · Menentukan titik sampel dan ruang sampel suatu percobaan | C2 | | | 1 x 45’ | |||||
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya | C2 | · Menjelaskan pengertian peluang suatu kejadian | C1 | Peluang Kejadian | Peluang | 1 x 45’ | ||||
| · Menentukan peluang kejadian suatu percobaan | C2 | | | 2 x 45’ | |||||
| | · Menentukan peluang komplemen suatu kejadian | C2 | Peluang komplemen suatu kejadian | | 1 x 45’ | ||||
| | · Menentukan peluang kejadian majemuk yaitu kejadian saling lepas dan kejadian saling bebas | C2 | Peluang kejadian saling lepas dan kejadian saling bebas | | 2 x 45’ | ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar