KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( K K M )
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : X / Umum
Semester : I (Ganjil)
K K M : 60
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma. | 63 | ||||||
1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma | 64 | ||||||
Ø Mendefinisikan bentuk pangkat | 80 | 70 | 60 | 210 | 70 | ||
Ø Mengubah bentuk pangkat negative ke pangkat positif atau sebaliknya | 70 | 70 | 65 | 205 | 68 | ||
Ø Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya | 70 | 65 | 60 | 195 | 65 | ||
Ø Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat dan akar | 65 | 65 | 65 | 195 | 65 | ||
Ø Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
Ø Merasionalkan bentuk akar | 65 | 70 | 60 | 195 | 65 | ||
Ø Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya | 60 | 65 | 65 | 190 | 63 | ||
Ø Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma | 65 | 60 | 60 | 185 | 62 | ||
Ø Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
1.2. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat akar dan logaritma | 62 | ||||||
Ø Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar dan logaritma | 60 | 65 | 60 | 185 | 62 | ||
Ø Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat akar dan logartima | 65 | 65 | 60 | 190 | 63 | ||
Ø Mengaplikasikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat akar dan logaritma | 60 | 65 | 60 | 185 | 62 |
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat. | 60 | ||||||
2.1. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan | 62 | ||||||
Ø Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan tiga cara, yaitu : Memfaktorkan, melengkapkan kuadrat | 65 | 65 | 60 | 190 | 63 | ||
Ø Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
Ø Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar pk | 65 | 65 | 60 | 190 | 63 | ||
Ø Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
2.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. | 61 | ||||||
Ø Menyusun persamaan kuadrat dan akar-akarnya diketahui | 65 | 65 | 60 | 190 | 63 | ||
Ø Menyusun persamaan kuadrat dan baru jika jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat lain diketahu | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
Ø Menentukan penyelesaian persamaan kuadrat yang dapat dinyatakan ke bentuk persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
2.3. Memahami konsep fungsi | 61 | ||||||
Ø Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi | 65 | 65 | 60 | 190 | 63 | ||
Ø Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
Ø Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
2.4. Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat | 61 | ||||||
Ø Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dan bentuk aljabarnya | 60 | 65 | 60 | 185 | 62 | ||
Ø Menggambar fungsi kuarat | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 | ||
Menentukan definitive positif dan negative | 60 | 60 | 60 | 180 | 60 |
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
2.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan atau fungsi kuadrat | 57 | ||||||
Ø Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika , mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat. | 55 | 60 | 60 | 175 | 58 | ||
Ø Menyelesaikan model-model matematika dari suatu masalah dalam matematika mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat | 55 | 60 | 60 | 175 | 58 | ||
2.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan atau fungsi kuadrat dan penafsirannya | |||||||
Ø Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika dengan mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat | 55 | 60 | 65 | 170 | 57 | ||
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan system persaman linear dan pertidaksamaan satu variabel | 56 | ||||||
3.1. Menyelesaikan system persaman linear dan system persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel | 58 | ||||||
Ø Menentukan penyelesaian system persamaan linear dua variabel | 60 | 60 | 55 | 175 | 58 | ||
Ø Menentukan system persamaan linear tiga variabel | 65 | 60 | 50 | 175 | 55 | ||
Ø Menentukan penyelesaian system persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variable | 51 | 60 | 51 | 162 | 54 |
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
3.2. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear | 56 | ||||||
Ø Mendefinisikan masalah yang berhubungan dengan system persamaan linear | 60 | 60 | 55 | 175 | 58 | ||
Ø Menghasilkan model matematika yang berhubungan dengan system persamaan linear | 55 | 57 | 53 | 165 | 55 | ||
Ø Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan dengan system persamaan linear | 55 | 57 | 53 | 165 | 55 | ||
3.3. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dan penafsirannya | 55 | ||||||
Ø Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear | 55 | 60 | 55 | 165 | 55 | ||
3.4. Menyelesaikan pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar | 57 | ||||||
Ø Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar | 60 | 60 | 50 | 170 | 58 | ||
Ø Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk peecahan aljabar. | 55 | 60 | 50 | 165 | 55 | ||
3.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel | 55 | ||||||
Ø Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan aljabar | 55 | 60 | 55 | 165 | 55 | ||
Ø Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan aljabar. | 55 | 60 | 55 | 165 | 55 |
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
3.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable dan penafsirannya | 56 | ||||||
Ø Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable berbentuk pecahan aljabar | 55 | 65 | 48 | 168 | 56 | ||
Ø Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable berbentuk pecahan aljabar | 55 | 65 | 48 | 168 | 56 |
Belawa, 17 Juli 2009
Mengetahui,
Kepala MAN Wajo, Guru Bidang Studi,
Drs. H.ABD HALIL Drs. ANDI HASANUDDIN, M.Si
NIP. 1954122 199203 1 001 NIP. 19681001 199703 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar