KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( K K M )
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : X / Umum
Semester : I (Ganjil)
K K M : 64
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | |||||||||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | |||||||||||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | ||||||||||
1. Memecahkan masalah yang berkaitadengan bentuk pangkat, akar dan logaritma. | 66 | |||||||||||||||
1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma | 65 | |||||||||||||||
Ø Mendefinisikan bentuk pangkat | 67 | 65 | 60 | 192 | 64 | |||||||||||
Ø Mengubah bentuk pangkat negative ke pangkat positif atau sebaliknya | 67 | 66 | 62 | 195 | 65 | |||||||||||
Ø Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya | 65 | 63 | 62 | 190 | 63 | |||||||||||
Ø Melakukan operasi aljabar padabentuk pangkat dan akar | 65 | 65 | 65 | 195 | 65 | |||||||||||
Ø Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional | 65 | 64 | 64 | 193 | 64 | |||||||||||
Ø Merasionalkan bentuk akar | 68 | 66 | 62 | 196 | 65 | |||||||||||
Ø Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya | 66 | 66 | 66 | 198 | 66 | |||||||||||
Ø Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma | 65 | 64 | 63 | 192 | 64 | |||||||||||
Ø Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma | 67 | 66 | 66 | 201 | 66 | |||||||||||
1.2. Melakukan manipulasi aljabar dalamperhitungan yang melibatkan pangkat akar dan logaritma | 67 | |||||||||||||||
Ø Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar dan logaritma | 66 | 68 | 66 | 200 | 67 | |||||||||||
Ø Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat akar dan logartima | 65 | 68 | 67 | 200 | 67 | |||||||||||
Ø Mengaplikasikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat akar dan logaritma | 68 | 67 | 67 | 203 | 68 | |||||||||||
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat. | 64 | |||||||||||||||
2.1. Menggunakan sifat dan aturantentangpersamaan dan pertidaksamaan | 64 | |||||||||||||||
Ø Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan tiga cara, yaitu : Memfaktorkan, melengkapkan kuadrat | 65 | 65 | 63 | 193 | 64 | |||||||||||
Ø Menentukan himpunan Penyelesaian pertidaksamaan kuadrat | 60 | 66 | 69 | 193 | 64 | |||||||||||
Ø Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar pk | 65 | 65 | 65 | 195 | 65 | |||||||||||
Ø Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat | 65 | 65 | 64 | 192 | 64 | |||||||||||
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
2.2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. | 64 | ||||||
Ø Menyusun persamaan kuadrat dan akar-akarnya diketahui | 65 | 65 | 64 | 194 | 65 | ||
Ø Menyusun persamaan kuadrat dan baru jika jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat lain diketahu | 63 | 63 | 64 | 190 | 63 | ||
Ø Menentukan penyelesaian persamaan kuadrat yang dapat dinyatakan ke bentuk persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat | 63 | 65 | 64 | 192 | 64 | ||
2.3. Memahami konsep fungsi | 64 | ||||||
Ø Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi | 65 | 64 | 65 | 194 | 65 | ||
Ø Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi | 60 | 65 | 65 | 190 | 63 | ||
Ø Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat | 62 | 65 | 65 | 200 | 64 | ||
2.4. Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat | 64 | ||||||
Ø Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dan bentuk aljabarnya | 65 | 65 | 63 | 193 | 66 | ||
Ø Menggambar fungsi kuarat | 65 | 65 | 65 | 195 | 65 | ||
Menentukan definitive positif dan negative | 65 | 64 | 64 | 193 | 64 | ||
2.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan atau fungsi kuadrat | 63 | ||||||
Ø Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika , mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat. | 60 | 65 | 65 | 190 | 63 | ||
Ø Menyelesaikan model-model matematika dari suatu masalah dalam matematika mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat | 62 | 65 | 63 | 190 | 63 | ||
2.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan atau fungsi kuadrat dan penafsirannya | 64 | ||||||
Ø Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika dengan mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari | 64 | 65 | 64 | 193 | 64 | ||
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan system persaman linear dan pertidaksamaan satu variabel | 63 | ||||||
3.1. Menyelesaikan system persaman linear dan system persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel | 65 | ||||||
Ø Menentukan penyelesaian system persamaan linear dua variabel | 65 | 65 | 65 | 195 | 65 |
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
Ø Menentukan system persamaan linear tiga variabel | 63 | 64 | 66 | 193 | 64 | ||
Ø Menentukan penyelesaian system persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variable | 64 | 68 | 69 | 201 | 67 | ||
3.2. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear | 65 | ||||||
Ø Mendefinisikan masalah yang berhubungan dengan system persamaan linear | 63 | 63 | 63 | 189 | 63 | ||
Ø Menghasilkan model matematika yang berhubungan dengan system persamaan linear | 65 | 69 | 67 | 201 | 67 | ||
Ø Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan dengan system persamaan linear | 65 | 65 | 65 | 195 | 65 | ||
3.3. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dan penafsirannya | 64 | ||||||
Ø Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear | 65 | 64 | 63 | 192 | 64 | ||
3.4. Menyelesaikan pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar | 65 | ||||||
Ø Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar | 65 | 65 | 66 | 196 | 65 | ||
Ø Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk peecahan aljabar. | 65 | 66 | 65 | 196 | 65 | ||
3.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel | 65 | ||||||
Ø Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan aljabar | 65 | 63 | 64 | 192 | 64 | ||
Ø Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu | 65 | 66 | 68 | 199 | 66 | ||
3.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable dan penafsirannya | 56 | ||||||
Ø Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable berbentuk pecahan aljabar | 55 | 65 | 48 | 168 | 56 | ||
Ø Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable berbentuk pecahan aljabar | 55 | 65 | 48 | 168 | 56 |
Belawa, 21 Juli 2011
Mengetahui :
Kepala MAN Wajo, Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Abd. Halil
Drs. Andi Hasanuddin, M.Si
NIP. 19541222199703 1 001 NIP. 19681001199703 1 005
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( K K M )
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : X / Umum
Semester : I (Genap)
K K M : 70
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. | 64 | ||||||
4.1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya. | 66 | ||||||
Ø Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan. | 70 | 65 | 65 | 200 | 67 | ||
Ø Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan. | 70 | 65 | 60 | 195 | 65 | ||
Ø Menentukan negasi dari suatu pernyataan. | 70 | 70 | 60 | 200 | 67 | ||
4.2. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. | |||||||
Ø Mentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk | |||||||
Ø Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk | |||||||
Ø Menentukan nilai kebenaran pernyataan berkuantor | |||||||
Ø Menentukan negasi pernyataan berkuantor | |||||||
4.3. Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan. | |||||||
Ø Memeriksa kesetaraan dari dua pernyataan majemuk | |||||||
Ø Membuktikan kesetaraan dari dua pernyataan majemuk | |||||||
Ø Membuat pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk kesimpulan dan pemecahan masalah | |||||||
4.4. Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor |
Standar Kompotensi Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM) | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||
Komplek sitas | Daya Dukung | Intake | Jml | Indi kator | KD | SK | |
dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah. | |||||||
Ø Menentukan kesimpulan dan beberapa premis yang diberikan. | |||||||
5. Menggunakan perbandingan fungsi, persamaan dan identitas Trigonometri dalam pemecahan masalah. | |||||||
5.1. Melakukan manipulasi Aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri. | |||||||
Ø Menentukan nilai perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku | |||||||
Ø Menentukan nilai Trigonometri dari sudut khusus | |||||||
Ø Menentukan nilai perbandingan Trigonometri dari sudut di semua kuadran. | |||||||
5.2. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas Trigonometri | |||||||
Ø Menggambar grafik fungsi Trigonometri sederhana. | |||||||
Ø Menyelesaikan persamaan Trigonometri sederhana | |||||||
Ø Membuktikan identitas Trigonometri sederhana | |||||||
Ø Menyelesaikan perhitungan soal menggunakan aturan sinus dan aturan kosinus. | |||||||
Ø Menghitung luas segitiga yang komponennya diketahui. | |||||||
5.3. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan Identitas Trigonometri dan penafsirannya. Ø Mengindetifikasi masalah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar