Pages

KKM MATEMATIKA OK


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( K K M )


Mata Pelajaran           :  Matematika
Kelas / Program         :  X / Umum
Semester                    :  I (Ganjil)
K K M                       :  64

Standar Kompotensi
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM)
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek
sitas
Daya
Dukung
Intake
Jml
Indi
kator
KD
SK
1.    Memecahkan masalah yang berkaitadengan bentuk pangkat, akar dan logaritma.

66
1.1.  Menggunakan aturan pangkat, akar
 dan logaritma

65

Ø  Mendefinisikan bentuk pangkat
67
65
60
192
64

Ø  Mengubah bentuk pangkat negative ke pangkat positif atau sebaliknya
67
66
62
195
65
Ø  Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya
65
63
62
190
63
Ø  Melakukan operasi aljabar padabentuk pangkat dan akar
65
65
65
195
65
Ø  Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
65
64
64
193
64
Ø  Merasionalkan bentuk akar
68
66
62
196
65
Ø  Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya
66
66
66
198
66
Ø  Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
65
64
63
192
64
Ø  Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma
67
66
66
201
66
1.2.  Melakukan manipulasi aljabar dalamperhitungan yang melibatkan
pangkat akar dan logaritma

67
Ø  Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk akar dan logaritma
66
68
66
200
67

Ø  Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat akar dan logartima
65
68
67
200
67
Ø  Mengaplikasikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat akar dan logaritma
68
67
67
203
68
2.       Memecahkan masalah yang berkaitan
  dengan fungsi persamaan dan fungsi
  kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

64
2.1.  Menggunakan sifat dan
        aturantentangpersamaan dan
        pertidaksamaan

64

Ø  Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan tiga cara, yaitu :
                       Memfaktorkan,
        melengkapkan kuadrat
65
65
63
193
64

Ø  Menentukan himpunan
   Penyelesaian
   pertidaksamaan kuadrat
60
66
69
193
64
Ø  Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar pk
65
65
65
195
65
Ø  Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat
65
65
64
192
64




Standar Kompotensi
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM)
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek
sitas
Daya
Dukung
Intake
Jml
Indi
kator
KD
SK
     2.2   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

64

Ø  Menyusun persamaan kuadrat dan akar-akarnya diketahui
65
65
64
194
65

Ø  Menyusun persamaan kuadrat dan baru jika jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat lain diketahu
63
63
64
190
63
Ø  Menentukan penyelesaian persamaan kuadrat yang dapat dinyatakan ke bentuk persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat
63
65
64
192
64
     2.3.  Memahami konsep fungsi

64
Ø  Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi
65
64
65
194
65

Ø  Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi
60
65
65
190
63
Ø  Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat
62
65
65
200
64
     2.4.  Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat

64
Ø  Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat  dan bentuk aljabarnya
65
65
63
193
66

Ø  Menggambar fungsi kuarat
65
65
65
195
65
Menentukan definitive positif dan negative
65
64
64
193
64
     2.5.  Merancang model matematika  dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan atau fungsi kuadrat

63

Ø  Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika , mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
60
65
65
190
63

Ø  Menyelesaikan model-model matematika dari suatu masalah dalam matematika mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
62
65
63
190
63
 2.6.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan atau fungsi kuadrat dan penafsirannya

64
Ø   Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika dengan mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari
64
65
64
193
64

3.    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan system persaman linear dan pertidaksamaan satu variabel

63
      3.1. Menyelesaikan system persaman linear dan system persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel

65

Ø  Menentukan penyelesaian system persamaan linear dua variabel
65
65
65
195
65



Standar Kompotensi
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM)
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek
sitas
Daya
Dukung
Intake
Jml
Indi
kator
KD
SK
Ø  Menentukan system persamaan linear tiga variabel
63
64
66
193
64


Ø  Menentukan penyelesaian system persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variable
64
68
69
201
67
     3.2.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear  

65
Ø  Mendefinisikan masalah yang berhubungan dengan system persamaan linear
63
63
63
189
63

Ø  Menghasilkan model matematika yang berhubungan dengan system persamaan linear
65
69
67
201
67
Ø  Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan dengan system persamaan linear
65
65
65
195
65
     3.3.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dan penafsirannya

64
Ø  Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear
65
64
63
192
64

     3.4.  Menyelesaikan pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar

65
Ø  Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
65
65
66
196
65

Ø  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk peecahan aljabar.
65
66
65
196
65
     3.5.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel





65
Ø  Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variable bentuk pecahan aljabar
65
63
64
192
64

Ø  Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
65
66
68
199
66
      3.6.   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable dan penafsirannya

56
Ø  Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable berbentuk pecahan aljabar
55
65
48
168
56

Ø  Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variable berbentuk pecahan aljabar
55
65
48
168
56

                                                                                                                                                         Belawa, 21 Juli 2011
       Mengetahui :
Kepala MAN Wajo,                                                                                                        Guru Mata Pelajaran,



Drs. H. Abd. Halil                                                                                                                                              NIP.  Drs. Pelajaran,
    Drs. Andi Hasanuddin, M.Si
NIP. 19541222199703 1 001                                                                                    NIP. 19681001199703 1 005


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( K K M )

Mata Pelajaran           :  Matematika
Kelas / Program         :  X / Umum
Semester                    :  I (Genap)
K K M                       :  70
Standar Kompotensi
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM)
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek
sitas
Daya
Dukung
Intake
Jml
Indi
kator
KD
SK
4.  Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.






64
      4.1.   Memahami pernyataan
               dalam matematika dan
               ingkaran atau negasinya.





66

Ø  Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan.
70
65
65
200
67


Ø  Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan.
70
65
60
195
65


Ø  Menentukan negasi dari suatu pernyataan.
70
70
60
200
67


     4.2. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.







Ø  Mentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk







Ø  Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk







Ø  Menentukan nilai kebenaran pernyataan berkuantor







Ø  Menentukan negasi pernyataan berkuantor







4.3.  Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan.







Ø  Memeriksa kesetaraan dari dua pernyataan majemuk







Ø  Membuktikan kesetaraan dari dua pernyataan majemuk







Ø  Membuat pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk kesimpulan dan pemecahan masalah







4.4.         Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor








Standar Kompotensi
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM)
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek
sitas
Daya
Dukung
Intake
Jml
Indi
kator
KD
SK
       dalam penarikan kesimpulan
       dan pemecahan masalah.







Ø  Menentukan kesimpulan dan beberapa premis yang diberikan.







5.       Menggunakan perbandingan fungsi, persamaan dan identitas Trigonometri dalam pemecahan masalah.







5.1.         Melakukan manipulasi Aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri.







Ø  Menentukan nilai perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku







Ø  Menentukan nilai Trigonometri dari sudut khusus







Ø  Menentukan nilai perbandingan Trigonometri dari sudut di semua kuadran.







5.2.    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas Trigonometri







Ø  Menggambar grafik fungsi Trigonometri sederhana.







Ø  Menyelesaikan persamaan Trigonometri sederhana







Ø  Membuktikan identitas Trigonometri sederhana







Ø  Menyelesaikan perhitungan soal menggunakan aturan sinus dan aturan kosinus.







Ø  Menghitung luas segitiga yang komponennya diketahui.







5.3.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan Identitas Trigonometri dan penafsirannya.
Ø  Mengindetifikasi masalah









Tidak ada komentar:

Posting Komentar