SILABUS MATA PELAJARAN: MATEMATIKA (WAJIB)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin,
rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam
memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2
Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku
peduli lingkungan.
|
|
|
|
|
|
3.1
Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan
karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
|
Eksponen dan
Logaritma
|
Mengamati
Membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian dan aturan dari hasil operasi
aljabar eksponen dan logaritma.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil
operasi aljabar eksponen dan logaritma.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen dan logaritma.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian,
aturan eksponen dan logaritma dan penerapannya dalam penyelesaian masalah
sederhana yang terkait dengan eksponen
dan logaritma dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Mencari dan
membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penggunaan aturan/ sifat eksponen dan logaritma.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana
yang terkait dengan penggunaan aturan/ sifat
eksponen dan logaritma.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.1
Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan
logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang
telah terbukti kebenarannya.
|
|
|
|
|
|
3.2
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan
pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
|
Persamaan dan
Pertidaksamaan Nilai Mutlak
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan
persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan
dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah
nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda
mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga
dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan
linier dalam tanda mutlak.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, dan
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dan
penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait persamaan dan
pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam
tanda mutlak.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang
sederhana.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah nyata yang sederhana.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.2 Menerapkan
konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier dalam
memecahkan masalah nyata.
4.3 Membuat
model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang
melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan
jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
|
|
|
|
|
|
3.3
Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua dan tiga variabel serta
pertidaksamaan linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi
yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa
kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika.
|
Sistem
Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, dan Sistem Persamaan Linier
Tiga Variabel
|
Mengamati
Membaca mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga
variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
serta penyelesaiannya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua,
tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
serta penyelesaiannya.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan
linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara
menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam
model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada
ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga
variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
serta penyelesaiannya.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian
ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya dengan
lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan
masalah nyata
yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai menentukan himpunan
penyelesaiannya sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, dan masalah nyata yang disajikan dalam
model matematika, serta penyelesaiannya.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.4 Menggunakan
SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear duavariabel (SPtLDV) untuk
menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara
lisan maupun tulisan
4.5 Membuat
model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan
matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
|
|
|
|
|
|
3.4
Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannya
dengan konteks nyata.
3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
Matriks
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata
yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian matriks, contoh-contoh
masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana
matriks.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian matriks,
contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian
matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penyajian masalah nyata ke dalam bentuk matriks,
dan operasi sederhana matriks.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyajian masalah nyata ke dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.6 Menyajikan model matematika dari suatu
masalah nyatayangberkitan dengan matriks.
|
|
|
|
|
|
3.6
Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi
antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan
pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
3.7
Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan
fungsi.
|
Relasi dan
Fungsi
|
Mengamati
Membaca pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari
berbagai penyajian suatu relasi dan
fungsi.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan,
daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengeksplorasi
Menentukan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian
suatu relasi dan fungsi, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil, relasi,
fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang merupakan
suatu fungsi.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian
daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil, relasi, fungsi, dan cara
mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang merupakan suatu fungsi dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan daerah asal, daerah kawan, dan daerah
hasil dari berbagai penyajian suatu
relasi dan fungsi.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai yang terkait daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.7
Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah.
|
|
|
|
|
|
3.8
Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan
lainnyamelalui pengamatan dan memberikan alasannya.
|
Barisan dan
Deret
|
Mengamati
Membaca, mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret aritmatika
dan geometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian barisan dan deret aritmatika
dan geometri.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian dan perbedaan barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian,
perbedaan dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait
dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
● Mencari dan membaca mengenai pengertian,
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana
yang terkait dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.8
Menyajikan hasil,menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya dalam
penyelesaian masalah sederhana.
|
|
|
|
|
|
3.9
Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
kuadrat.
3.10
Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan
untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
3.11
Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian
masalah kontekstual.
3.12
Menganalisis grafik fungsi dari data terkait masalah nyata dan menentukan
model matematika berupa fungsi kuadrat.
|
Persamaan dan
Fungsi Kuadrat
|
Mengamati
Membaca mengenai berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi persamaan
kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian
masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar
sketsa grafik fungsi kuadrat.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara mengubah berbagai ekspresimenjadi
persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat
serta penyelesaiannya, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresi yang
dapat diubah menjadi persamaan kuadrat, strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi
persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi persamaan kuadrat, strategi
untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata
dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik
fungsi kuadrat, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara mengubah berbagai ekspresi
menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan
fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi
kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara mengubah
berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi
persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrati
dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
membaca
mengenai berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi persamaan kuadrat,
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan mengubah berbagai
ekspresimenjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi
persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.9 Mengidentifikasi dan menerapkan konsep
fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan
menjelaskannya secara lisan dan tulisan.
4.10
Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4.11 Menggambar dan membuat sketsa grafik
fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan
menafsirkan karakteristiknya.
4.12
Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari fenomena sehari-hari dan
menafsirkan makna dari setiap variabel yang digunakan.
|
|
|
|
|
|
3.13
Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui
demonstrasi menggunakan alat peragaatau media lainnya.
|
Geometri
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian, gambar, dan peraga mengenai jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah
nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, jarak antar titik, garis,
dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan
dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada jarak antar titik, garis,
dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan
dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang,
serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis
dan bidang, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian jarak antar titik,
garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan
masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan bidang dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
● Membaca dan mengamati, pengertian, gambar, dan
peraga mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan
bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan bidang.
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai jarak antar titik, garis, dan
bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata
yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.13
Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan
masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
bidang.
|
|
|
|
|
|
3.14
Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang
bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.15
Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam
segitiga siku- siku.
3.16
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut
di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata
dan matematika
3.17
Mendeskripsikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya
serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut
istimewa.
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan
antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap
kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai
fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan mengamati grafik fungsi
trigonometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian perbandingan trigonometri,
hubunganantar perbandingan trigonometri padasegitiga siku-siku dan sudut pada
setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi,
nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut
pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika,
fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik
fungsi trigonometri.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian perbandingan
trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata
dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan
grafik fungsi trigonometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian
perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan perbandingan trigonometri, hubungan
antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap
kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai
fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai perbandingan trigonometri,
hubungan antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut
pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika,
fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
|
4 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.14
Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
4.15.
Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
|
|
|
|
|
|
3.18
Mendeskripsikan konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata
dan menerapkannya.
3.19
Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui pengamatan
contoh-contoh.
|
Limit Fungsi
Aljabar
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan
dalam konteks nyata, mengamati contoh penggunaan aturan dan sifat limit
fungsi aljabar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian limit fungsi aljabar,
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret
aritmatika dan geometri.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada limit fungsi aljabar, aturan, dan sifat limit fungsi aljabar, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan
sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan
sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata. dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks
nyata, mengamati contoh penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penggunaan aturan dan sifat
limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.16
Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam
memecahkan masalah nyata tentang limit fungsi aljabar.
|
|
|
|
|
|
3.20
Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot
yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui
analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.
3.21
Mendeskripsikan data dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang
sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.
|
Statistika
|
Mengamati
Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot,
dan cara membuatnya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara membuat berbagai penyajian data
dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data
dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, kemudian
menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara membuat
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan lisan, tulisan,
dan diagram.
|
Tugas
● Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk
atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
● Mengerjakan latihan soal-soal mengenai berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai berbagai penyajian data dalam
bentuk atau diagram/plot.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.17Menyajikan
data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan
informasi yang ingin dikomunikasikan.
|
|
|
|
|
|
3.22
Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek
nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
|
Peluang
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian peluang suatu
kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
pada pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai
objek, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga
dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek dengan
lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca dan
mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan
berbagai objek.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh
dari percobaan berbagai objek.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan peluang suatu
kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku
Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku
referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.18
Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek
nyata melalui percobaan menggunakan frekuensi relatif.
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar