SILABUS MATA PELAJARAN: MATEMATIKA (WAJIB)
Satuan Pendidikan  :   SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti                   :  
| 
   
KI 1 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 
 | 
 
| 
   
KI 2 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menghayati dan
  mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
  kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
  menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
 | 
 
| 
   
KI 3 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Memahami,
  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
  berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
  budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
  peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
  pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
  dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
 | 
 
| 
   
KI 4 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Mengolah,
  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang
  dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
  kaidah keilmuan. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok 
 | 
  
   
Pembelajaran 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 
| 
   
1.   
  Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya. 
2.1
  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin,
  rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam
  memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. 
2.2
  Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah,
  kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika. 
2.3
  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku
  peduli lingkungan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.1
  Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan
  karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran
  langkah-langkahnya. 
 | 
  
   
Eksponen dan
  Logaritma 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari  eksponen dan logaritma.  
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian dan aturan dari hasil operasi
  aljabar eksponen dan logaritma. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil
  operasi aljabar eksponen dan logaritma. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma, kemudian
  menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
  kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen dan logaritma.  
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian,
  aturan eksponen dan logaritma dan penerapannya dalam penyelesaian masalah
  sederhana yang terkait dengan  eksponen
  dan logaritma dengan lisan, dan tulisan. 
 | 
  
   
Tugas  
●   
  Mencari dan
  membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari  eksponen dan logaritma. 
●   
  Mengerjakan
  latihan soal-soal mengenai penggunaan aturan/ sifat  eksponen dan logaritma.  
Portofolio 
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana
  yang terkait dengan penggunaan aturan/ sifat 
  eksponen dan logaritma. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet.     
 | 
 
| 
   
4.1
  Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan
  logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang
  telah terbukti kebenarannya. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.2
  Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan
  pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.  
 | 
  
   
Persamaan dan
  Pertidaksamaan Nilai Mutlak 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
  penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
  pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak. 
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian nilai mutlak,
  ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan
  persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak,
  ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan
  dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah
  nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda
  mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga
  dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
  penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan
  linier dalam tanda mutlak. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, dan
  penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dan
  penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait persamaan dan
  pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan, dan bagan. 
 | 
  
   
Tugas 
●   
  Membaca
  mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
  masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam
  tanda mutlak. 
●   
  Mengerjakan
  latihan soal-soal mengenai penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
  dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang
  sederhana.  
Portofolio 
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian persamaan dan
  pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian
  masalah nyata yang sederhana. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
 4.2  Menerapkan
  konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier dalam
  memecahkan masalah nyata. 
4.3   Membuat
  model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang
  melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan
  jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.3
  Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua dan tiga variabel serta
  pertidaksamaan linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi
  yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa
  kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika. 
 | 
  
   
Sistem
  Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, dan Sistem Persamaan Linier
  Tiga Variabel 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga
  variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
  penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
  serta penyelesaiannya.  
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua,
  tiga variabel, dan  
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
  penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
  serta penyelesaiannya. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan
  linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara
  menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam
  model matematika, serta penyelesaiannya. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada
  ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
  linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
  nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya, kemudian
  menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
  kesimpulan mengenai pengertian ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga
  variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
  penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
  serta penyelesaiannya. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian
  ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
  linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
  nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya dengan
  lisan, dan tulisan. 
 | 
  
   
Tugas  
●  
  Membaca
  mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
  pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
  dan  
masalah nyata
  yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya. 
●  
  Mengerjakan
  latihan soal-soal mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya sistem
  persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
  dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
  penyelesaiannya.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai menentukan himpunan
  penyelesaiannya sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
  pertidaksamaan linier dua variabel, dan masalah nyata yang disajikan dalam
  model matematika, serta penyelesaiannya. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.4   Menggunakan
  SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear duavariabel (SPtLDV) untuk
  menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara
  lisan maupun tulisan 
4.5   Membuat
  model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan
  matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.4
  Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannya
  dengan konteks nyata. 
3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks serta menerapkannya
  dalam pemecahan masalah. 
 | 
  
   
Matriks 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata
  yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.  
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian matriks, contoh-contoh
  masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana
  matriks. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian matriks,
  contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
  sederhana matriks. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
  bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks, kemudian menghubungkan
  unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
  mengenai pengertian matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk
  matriks, dan operasi sederhana matriks. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian
  matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
  sederhana matriks dengan lisan, dan tulisan. 
 | 
  
   
Tugas  
●  
  Membaca
  mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
  bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks. 
●  
  Mengerjakan
  latihan soal-soal mengenai penyajian masalah nyata ke dalam bentuk matriks,
  dan operasi sederhana matriks.  
Portofolio 
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyajian masalah nyata ke dalam
  bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks. 
 | 
  
   
2 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.6   Menyajikan model matematika dari suatu
  masalah nyatayangberkitan dengan matriks. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.6
  Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi
  antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan
  pasangan terurut, atau ekspresi simbolik) 
3.7
  Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan
  fungsi. 
 | 
  
   
Relasi dan
  Fungsi 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari
  berbagai penyajian suatu  relasi dan
  fungsi. 
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan,
  daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi. 
Mengeksplorasi 
Menentukan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
  penyajian suatu  relasi dan fungsi. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian
  suatu  relasi dan fungsi, kemudian
  menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
  mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil, relasi,
  fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang merupakan
  suatu fungsi. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian
  daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil, relasi, fungsi, dan cara
  mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang merupakan suatu fungsi  dengan lisan, tulisan, dan bagan. 
 | 
  
   
Tugas  
●  
  Membaca
  mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
  penyajian suatu  relasi dan fungsi. 
●  
  Mengerjakan
  latihan soal-soal yang terkait dengan daerah asal, daerah kawan, dan daerah
  hasil dari berbagai penyajian suatu 
  relasi dan fungsi. 
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai yang terkait daerah asal, daerah
  kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu  relasi dan fungsi. 
 | 
  
   
2 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.7
  Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam menyelesaikan masalah. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.8
  Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan
  lainnyamelalui pengamatan dan memberikan alasannya. 
 | 
  
   
Barisan dan
  Deret 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca, mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret aritmatika
  dan geometri. 
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian barisan dan deret aritmatika
  dan geometri. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret
  aritmatika dan geometri. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri, kemudian
  menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
  kesimpulan mengenai pengertian dan perbedaan barisan dan deret aritmatika dan
  geometri. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian,
  perbedaan dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait
  dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri dengan lisan,
  tulisan, dan bagan. 
 | 
  
   
Tugas  
●  Mencari dan membaca mengenai pengertian,
  pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri. 
●  Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
  memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
  geometri.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana
  yang terkait dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.8
  Menyajikan hasil,menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya dalam
  penyelesaian masalah sederhana. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.9
  Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan
  kuadrat. 
3.10
  Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan
  untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran
  jawabannya. 
3.11
  Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian
  masalah kontekstual. 
3.12
  Menganalisis grafik fungsi dari data terkait masalah nyata dan menentukan
  model matematika berupa fungsi kuadrat. 
 | 
  
   
Persamaan dan
  Fungsi Kuadrat 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca mengenai berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi persamaan
  kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian
  masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar
  sketsa grafik fungsi kuadrat. 
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai cara mengubah berbagai ekspresimenjadi
  persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi
  kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat
  serta penyelesaiannya, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresi yang
  dapat diubah menjadi persamaan kuadrat, strategi untuk menyelesaikan
  persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi
  persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi persamaan kuadrat, strategi
  untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata
  dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik
  fungsi kuadrat, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
  sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara mengubah berbagai ekspresi
  menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan
  fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi
  kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  cara mengubah
  berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan
  persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi
  persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrati
  dengan lisan, tulisan, dan bagan. 
 | 
  
   
Tugas  
●   
  membaca
  mengenai berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi persamaan kuadrat,
  strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah
  nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
  grafik fungsi kuadrat. 
●   
  Mengerjakan
  latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
  deret aritmatika dan geometri.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan mengubah berbagai
  ekspresimenjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan
  persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi
  persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.9   Mengidentifikasi dan menerapkan konsep
  fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan
  menjelaskannya secara lisan dan tulisan. 
4.10
  Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
  fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya. 
4.11 Menggambar dan membuat sketsa grafik
  fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan
  menafsirkan karakteristiknya. 
4.12
  Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari fenomena sehari-hari dan
  menafsirkan makna dari setiap variabel yang digunakan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.13
  Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui
  demonstrasi menggunakan alat peragaatau media lainnya. 
 | 
  
   
Geometri 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca dan mengamati pengertian, gambar, dan peraga mengenai jarak
  antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah
  nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang. 
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, jarak antar titik, garis,
  dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan
  dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada jarak antar titik, garis,
  dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan
  dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang,
  serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis
  dan bidang, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
  sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian jarak antar titik,
  garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan
  masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
  bidang. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian jarak
  antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara
  menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
  titik, garis dan bidang dengan lisan, tulisan, dan bagan. 
 | 
  
   
Tugas  
●  Membaca dan mengamati, pengertian, gambar, dan
  peraga mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan
  bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
  titik, garis dan bidang. 
●  Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
  memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
  geometri.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai jarak antar titik, garis, dan
  bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata
  yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.13
  Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan
  masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan
  bidang. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.14
  Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
  melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang
  bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun. 
3.15
  Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam
  segitiga siku- siku. 
3.16
  Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut
  di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata
  dan matematika 
3.17
  Mendeskripsikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya
  serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut
  istimewa. 
 | 
  
   
Trigonometri 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan
  antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap
  kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai
  fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan mengamati grafik fungsi
  trigonometri. 
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian perbandingan trigonometri,
  hubunganantar perbandingan trigonometri padasegitiga siku-siku dan sudut pada
  setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi,
  nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi   trigonometri. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada perbandingan trigonometri,
  hubungan antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut
  pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika,
  fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik
  fungsi   trigonometri. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada
  segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
  masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
  sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi  
  trigonometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
  sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian perbandingan
  trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada segitiga
  siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata
  dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan
  grafik fungsi   trigonometri. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian
  perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada
  segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
  masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
  sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi  
  trigonometri dengan lisan, tulisan, dan bagan. 
 | 
  
   
Tugas  
●   
  Membaca
  mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan
  trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
  penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
  trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri. 
●   
  Mengerjakan
  latihan soal-soal yang terkait dengan perbandingan trigonometri, hubungan
  antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap
  kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai
  fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi   trigonometri.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai perbandingan trigonometri,
  hubungan antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut
  pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika,
  fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
  trigonometri. 
 | 
  
   
4 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet.   
 | 
 
| 
   
4.14
  Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah. 
4.15.
  Menyajikan grafik fungsi trigonometri. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.18
  Mendeskripsikan konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata
  dan menerapkannya. 
3.19
  Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui pengamatan
  contoh-contoh. 
 | 
  
   
Limit Fungsi 
Aljabar 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan
  dalam konteks nyata, mengamati contoh penggunaan aturan dan sifat limit
  fungsi aljabar. 
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian limit fungsi aljabar,
  penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret
  aritmatika dan geometri. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada limit fungsi aljabar, aturan, dan sifat limit fungsi aljabar, kemudian
  menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
  kesimpulan mengenai pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan
  sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan pengertian limit fungsi aljabar, penggunaan aturan dan
  sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata. dengan lisan, dan tulisan. 
 | 
  
   
Tugas  
●   
  Membaca
  mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks
  nyata, mengamati contoh penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.  
●   
  Mengerjakan
  latihan soal-soal aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penggunaan aturan dan sifat
  limit fungsi aljabar dalam masalah nyata. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.16
  Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam
  memecahkan masalah nyata tentang limit fungsi aljabar. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.20
  Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot
  yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui
  analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data. 
3.21
  Mendeskripsikan data dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang
  sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan. 
 | 
  
   
Statistika 
 | 
  
   
Mengamati 
Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot,
  dan cara membuatnya.  
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai cara membuat berbagai penyajian data
  dalam bentuk atau diagram/plot. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data
  dalam bentuk atau diagram/plot. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, kemudian
  menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat
  kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
  diagram/plot. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  cara membuat
  berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan lisan, tulisan,
  dan diagram. 
 | 
  
   
Tugas  
●  Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk
  atau diagram/plot, dan cara membuatnya. 
●  Mengerjakan latihan soal-soal mengenai berbagai
  penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian mengenai berbagai penyajian data dalam
  bentuk atau diagram/plot. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.17Menyajikan
  data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan
  informasi yang ingin dikomunikasikan. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.22
  Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek
  nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif. 
 | 
  
   
Peluang 
 | 
  
   
Mengamati 
Membaca dan mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang
  diperoleh dari percobaan berbagai objek.  
Menanya 
Membuat pertanyaan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang
  diperoleh dari percobaan berbagai objek. 
Mengeksplorasi 
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian peluang suatu
  kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek. 
Mengasosiasi 
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat
  pada pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai
  objek, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga
  dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian peluang suatu kejadian yang
  diperoleh dari percobaan berbagai objek. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan  pengertian
  peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek dengan
  lisan, dan tulisan. 
 | 
  
   
Tugas  
●   
  Membaca dan
  mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan
  berbagai objek. 
●   
  Mengerjakan
  latihan soal-soal yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh
  dari percobaan berbagai objek.  
Portofolio 
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah
  diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. 
Tes 
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan peluang suatu
  kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek. 
 | 
  
   
3 x 4 jam pelajaran 
 | 
  
   
●Buku
  Teks Pelajaran Matematika kelas X. 
●Buku
  referensi dan artikel. 
●Internet. 
 | 
 
| 
   
4.18
  Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek
  nyata melalui percobaan menggunakan frekuensi relatif. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar