Pages

RPP MATEMATIKA KURIKULUM 2013 SMA/MA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan  : MAN WAJO
Kelas/Semester       : X/1
Mata Pelajaran        : Metematika
Peminatan              : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok          : Grafik Fungsi Eksponensial dan Logaritma
Alokasi Waktu         : 18 x 45 menit (6 kali pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar

Pertemuan
Kompetensi Dasar
1
3.1 Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah

2-5
3.2     Menganalisis data sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
4.1 Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan.
4.2 Mengolah data dan menganalisis  menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.
6
Ulangan Harian

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     Menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
2.     Menjelaskan pengertian fungsi logaritma
3.     Menggambar grafik fungsi eksponensial
4.     Menggambar grafik fungsi logaritma
5.     Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi eksponensial dari sutau grafik
6.     Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi logaritma dari suatu grafik
7.     Menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial  dan fungsi logaritma

D.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Melalui proses pengamatan, bertanya, bernalar, dan diskusi  peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
2.          Menjelaskan pengertian fungsi logaritma
3.          Menunjukkan ketelitian, mandiri, dan tanggung jawab
4.          Menunjukkan kerjasama dan komunikasi dalam kerja kelompok

Pertemuan II:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
5.          Menggambar grafik fungsi eksponensial

Pertemuan III:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
6.     Menggambar grafik fungsi logaritma

Pertemuan IV:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
7.     Mengidentifikasi sifat-sifat dari grafik fungsi eksponensial
8.     Mengidentifikasi sifat-sifat dari grafik fungsi logaritma

Pertemuan V:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
9.     Menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma

Pertemuan VI:
Ulangan


E.       Materi Pembelajaran
Fakta
1.       Masalah kontekstual yg berkaitan dengan eksponen dan logaritma (pertumbuhan dan peluruhan) seperti soal-soal Ujian Nasional yang setiap tahun selalu keluar atau soal-soal masuk Perguruan tinggi, dll
2.       Grafik Fungsi eksponensial
3.       Grafik Fungsi Logaritma

Konsep
1.     Sifat-sifat fungsi eksponensial
2.     Sifat-sifat fungsi logaritma

Prinsip
1.    Fungsi y =a(bcx), Jika c> 0 maka kecenderungannya disebut pertumbuhan eksponensial
2.    Fungsi y =a(bcx), Jika c< 0 maka kecenderungannya disebut peluruhan eksponensial

Prosedur
1.       Langkah-langkah menggambar grafik fungsi eksponensial dan logaritma
2.       Langkah-langkah menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma


F.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan             : Saintifik
2.       Model Pembelajaran  : inquiry
3.       Metode                   : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan


G.      Alat/Media/Bahan
1.       Alat/media    : Model grafik fungsi
2.       Bahan ajar     : Buku Matematika pegangan guru, Buku Matematika pegangan siswa

H.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.    Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.    Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan
4.    Melaksanakan pre tes tentang eksponensial dan logaritma
15 menit
Inti
Mengamati
1.  Mengamati dan mencermati gambar dalam kehidupan nyata seperti mainan pperosotan, atap rumah gadang, dll secara berkelompok (yang disiapkan)
2.  Siswa memperhatikan karakteristik gambar yang disajikan.

Menanya
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik gambar yang diamati.

Menalar
§  Siswa mencari contoh lain permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
§  Siswa membandingan karakteristik gambar dan permasalahan kehidupan nyata

Mencoba
1.  Setiap kelompok mendeskripsikan pengertian tentang fungsi eksponensial
2.  Setiap kelompok mendeskripsikan pengertian tentang fungsi logaritma

Mengasosiasi
1.  Siswa menghubungkan antara pengertian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma dari masing-masing kelompok.
2.  Siswa menyimpulkan pengertian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
3.  Guru membimbing/menilai kemampuan siswa dalam melakukan aktifitas  dan merumuskan kesimpulan

Mengomunikasikan
1.  Siswa menyampaikan kesimpulan tentang pengertian fungsi ekponensial
2.  Siswa menyampaikan kesimpulan tentang pengertian fungsi logaritma
3.  Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa
4.  Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan

30 menit





15 menit


10 menit





10 menit





20 menit







15 menit

Penutup
1.   Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.   Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.   Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.   Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5.   Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma
6.   Melaksanakan postes
7.   Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
20 menit


I.         Penilaian
1.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Ketelitian
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan (terlampir)
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PPKn
2.
Kejujuran
3.
Kedisiplinan
4.
Kemandirian
5.
Rasa ingin tahu
6.
Tanggung jawab
2.       Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Siswa dapat menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
Tes lisan
Penugasan
Berdasarkan pengertian fungsi eksponensial, carilah satu permasalahan nyata yang dapat digambarkan sebagai fungsi eksponensial
Siswa dapat menjelaskan pengertian fungsi logararitma
Tes lisan

Penugasan
Berdasarkan pengertian fungsi eksponensial, carilah satu permasalahan nyata yang dapat digambarkan sebagai fungsi logaritma

Pedoman Penskoran

1.     Soal nomor 1
Tahapan
Skor
max
Permasalahan yang ditunjukkan adalah permasalahan sehari-hari

Permasalahan tersebut sesuai dengan pengertian fungsi eksponensial

1
3

SKOR MAKSIMAL
4

2.     Soal nomor 2
Tahapan
Skor
max
Permasalahan yang ditunjukkan adalah permasalahan sehari-hari

Permasalahan tersebut sesuai dengan pengertian fingsi logaritma


1

3

4





J.    Sumber Belajar
1.  Buku Matematika pegangan siswa Kemendikbud Tahun  2013
2.  Buku Matematika pegangan guru Kemendikbud Tahun  2013


Belawa, 1 Juni 2014
Guru Mata Pelajaran Matematika

Drs. ANDI HASANUDDIN, M.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar