Pages

Guruku Sungguh Mulia Tugas dan Tanggung Jawabmu


Guru adalah figur seorang pemimpin yang dapat menjadi motivator, fasilitator, bukan menjadi provokator, guru juga sebagai seorang yang bisa membentuk jiwa dan watak anak didik, sehingga keberadaannya selalu dibanggakan dan dipuji oleh masyarakat. Tugas guru dalam bidang kemanusian di sekolah harus dapat menjadikan dirinya sebagai orang tua kedua bagi para siswanya. Ia harus mampu menarik simpati dari muridnya sehingga ia menjadi idola para siswanya. Agar siswanya mampu memahami yang diajarkan
Guru mempunyai kekuasaan untuk membentuk dan membangun kepribadian anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, Nusa dan Bangsa. Guru harus senantiasa berupaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang sulit diukur, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa.
Dari keterangan di atas dapat dikatakan bahwa guru mempunyai tugas yang paling berat, yakni bagaimana seorang guru mencerdaskan anak-anak bangsa sehingga apa yang diharapkan oleh pendiri bangsa ini dapat terwujud. Dengan Demikian pemerintah wajib memperhatikan kesejahteraan  guru agar mereka lebih tenang menuangkan ilmu yang dimiliki kepada anak didiknya tanpa memperhatikan hal-hal yang mengganggu tugas-tugas mereka.
Guru harus mampu menjaga kehormatan mereka jangan sampai ia menjadi artis dimata anak-anak mereka sehingga suatu waktu ia tergoda oleh kenikmatan sesaat. Guru harus menjaga jarak dengan anak didiknya karena setan selalu berada disamping mereka dan selalu siap menerkan mereka.
Olehnya itu diharapkaan kepada masyarakat dan orang tua siswa agar selalu waspada dan selalu menjaga anak-anaknya  sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Karena guru itu bukan malaikat ia hanya manusia biasa yang tidak lepas dari godaan setan. Intinya perketat pengawasan kepada guru dan siswa agar mereka tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak diinginkan. Semua ini kita lakukan untuk kemajuan bangsa ini.
Suka tidak suka guru selalu menjadi sorotan di masyarakat, karena harapan mereka anak-anaknya dapat berhasil, namun seteleh mereka berhasil mereka juga melupakan jasa-jasa gurunya yang telah membina anak-anak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar