Pages

Contoh RPP TIK Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP) NO 1

Mata Pelajaran         : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester      : XI / 1 (SATU)
Waktu                      :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi                 : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan   : SMA ______________


A.           KOMPETENSI DASAR

1.1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

 

B.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

·      Mendeskripsikan fungsi  perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
·      Mendeskripsikan peran internet service provider (ISP)
·      Mendeskripsikan user ID dan Pasword

C.           TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan  Ke-1
·      Mendeskripsikan Local Area  Network (LAN)
·      Mendeskripsikan Wide Area Network (WNA)
Pertemuan Ke-2
·      Mendeskripkan fungsi dari internet
·      Menyebutkan bagian-bagian dari perangkat keras (hardware) untuk akses internet
Pertemuan Ke-3
·      Memahami cara memilih ISP
·      Mendeskripsikan User ID dan Password
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

D.           MATERI PEMBELAJARAN

·          Perangkat Keras Internet

E.           MODEL PEMBELAJARAN

Multimodel Pembelaajaran (Model pembelajaran kooperatif & Pembelajaran Langsung)

F.           SUMBER BELAJAR

§   Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
§   Seperangkat computer
§   LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet
·   Guru menginformasikan kepada siswa tentang perangkat keras yang digunakan
·   Melalui diskusi kelompok dan panduan buku pegangan siswa mendeskripsikan tentang ISP, istilah-istilah dalam bidang internet
·   Melalui diskusi kelompok  mendeskripsikan tentang User ID dan Pasword
·   Siswa dapat Mendeskripsikam fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
·   Siswa dapat Mendeskripsikan Peran Internet Service Provider (ISP)
·   Siswa dapat Mendeskripsikan User ID dan Pasword

 

G.          KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.   Pendahuluan

·          Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
·          Apersepsi tentang komunikasi jarak jauh
·          Motivasi kemudahan internet

B.   Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·          Guru meminta agar ketua kelas membagi siswa dalam kelas untuk membentuk kelompok dengan jumlah 1 kelompok paling banyak 5 orang.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·          Guru membagikan masalah atau pokok permasalahan pada setiap kelompok
·          Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) dan Manfaat internet  (Setiap kelompok membahas masalah yang berbeda)
·          Guru memantau jalannya diskusi
·          Setiap kelompok  maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi
·          Setelah diskusi selesai siswa dibimbing untuk menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan
·          Siswa diajakan untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu

Pertemuan Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·          Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok  dengan jumlah siswa paling banyak 5 orang
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·          Siswa diminta untuk membahas secara berkelompok materi Perangkat Keras internet dan istilah-istilah dalam internet
·          Guru membimbing jalanya diskusi
·          Beberapa kelompok diminta maju ke depan dengan cara diundi untuk mempresentasikan hasil diskusinya pada saat itu
·          Guru membimbing jalannya diskusi agar semua Indikator Pencapaian Kompetensi dapat  tercapai
·          Siswa dibimbing untuk mengambil kesimpulan dan membuat rangkuman akhir
·          Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang

Pertemuan ke-3 (1 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Guru menginformasikan mengenai ISP, User ID dan proses pengolah DNS
·          Cara setup Modem, cara dial lewat telepon
·          Siswa menyimak dan membuat rangkuman dari informasi yang diberikan guru
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·          Siswa diajak untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu
A.       1 Jam Pelajaran digunakan untuk Ulangan Blok ke-1
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.  Penutup

·          Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·          Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.          PENILAIAN

·      Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
(Lihat Buku Jilid 2 – Uji Indikator Pencapaian Kompetensi halaman 5, halaman 10, 14 dan halaman 22
·      1.  Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer

No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Kemampuan mengidentifikasi hardware untuk internet




2
Keterampilan mensetup modem




3
Keterampilan mensetup untuk dial melalui telepon rumah (telkomne@instan)




4
Keterampilan mengadakan dialing (hubungan ke halaman internet melalui telkomnet@instan)




Rata-rata





Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70
Sangat baik >=90, Baik  90 -  80, Sedang 80 – 70, Kurang < 70

Mengetahui,
Kepala SMA ……………………


(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel TIK


(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar