RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NO 1
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : XI / 1 (SATU)
Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan : SMA ______________
A. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
· Mendeskripsikan fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
· Mendeskripsikan peran internet service provider (ISP)
· Mendeskripsikan user ID dan Pasword
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan Ke-1
· Mendeskripsikan Local Area Network (LAN)
· Mendeskripsikan Wide Area Network (WNA)
Pertemuan Ke-2
· Mendeskripkan fungsi dari internet
· Menyebutkan bagian-bagian dari perangkat keras (hardware) untuk akses internet
Pertemuan Ke-3
· Memahami cara memilih ISP
· Mendeskripsikan User ID dan Password
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MATERI PEMBELAJARAN
· Perangkat Keras Internet
E. MODEL PEMBELAJARAN
Multimodel Pembelaajaran (Model pembelajaran kooperatif & Pembelajaran Langsung)
F. SUMBER BELAJAR
§ Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
§ Seperangkat computer
§ LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet | · Guru menginformasikan kepada siswa tentang perangkat keras yang digunakan · Melalui diskusi kelompok dan panduan buku pegangan siswa mendeskripsikan tentang ISP, istilah-istilah dalam bidang internet · Melalui diskusi kelompok mendeskripsikan tentang User ID dan Pasword | · Siswa dapat Mendeskripsikam fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet · Siswa dapat Mendeskripsikan Peran Internet Service Provider (ISP) · Siswa dapat Mendeskripsikan User ID dan Pasword |
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
· Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
· Apersepsi tentang komunikasi jarak jauh
· Motivasi kemudahan internet
B. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta agar ketua kelas membagi siswa dalam kelas untuk membentuk kelompok dengan jumlah 1 kelompok paling banyak 5 orang.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru membagikan masalah atau pokok permasalahan pada setiap kelompok
· Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) dan Manfaat internet (Setiap kelompok membahas masalah yang berbeda)
· Guru memantau jalannya diskusi
· Setiap kelompok maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi
· Setelah diskusi selesai siswa dibimbing untuk menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan
· Siswa diajakan untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu
Pertemuan Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok dengan jumlah siswa paling banyak 5 orang
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa diminta untuk membahas secara berkelompok materi Perangkat Keras internet dan istilah-istilah dalam internet
· Guru membimbing jalanya diskusi
· Beberapa kelompok diminta maju ke depan dengan cara diundi untuk mempresentasikan hasil diskusinya pada saat itu
· Guru membimbing jalannya diskusi agar semua Indikator Pencapaian Kompetensi dapat tercapai
· Siswa dibimbing untuk mengambil kesimpulan dan membuat rangkuman akhir
· Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang
Pertemuan ke-3 (1 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menginformasikan mengenai ISP, User ID dan proses pengolah DNS
· Cara setup Modem, cara dial lewat telepon
· Siswa menyimak dan membuat rangkuman dari informasi yang diberikan guru
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa diajak untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu
A. 1 Jam Pelajaran digunakan untuk Ulangan Blok ke-1
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
· Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
· Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
H. PENILAIAN
· Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
(Lihat Buku Jilid 2 – Uji Indikator Pencapaian Kompetensi halaman 5, halaman 10, 14 dan halaman 22
· 1. Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer
No | Bidang Penilaian | Skor | |||
Sangat Baik | Baik | Sedang | Kurang | ||
1 | Kemampuan mengidentifikasi hardware untuk internet | | | | |
2 | Keterampilan mensetup modem | | | | |
3 | Keterampilan mensetup untuk dial melalui telepon rumah (telkomne@instan) | | | | |
4 | Keterampilan mengadakan dialing (hubungan ke halaman internet melalui telkomnet@instan) | | | | |
Rata-rata | | | | |
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70
Sangat baik >=90, Baik 90 - 80, Sedang 80 – 70, Kurang < 70
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | | ………………,…………………20… Guru mapel TIK (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar