RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MAN WAJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Materi Pembelajaran:
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (5 pertemuan).
I. Standar Kompetensi: 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
II. Kompetensi Dasar: 1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.
III. Indikator :
A. Kognitif
1. Mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk pangkat positif dan sebaliknya.
2. Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.
3. Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar.
4. Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
5. Merasionalkan bentuk akar.
6. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.
7. Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.
B. Afektif
1. Karakter :
a. Jujur,
b. Tanggung jawab,
c. Hati-hati
d. Teliti
2. Keterampilan sosial :
a. Bertanya,
b. Menyumbang ide atau berpendapat
c. Menjadi pendengan yang baik,
d. Berkomunikas
III. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran siswa dapat:
A. Kognitif
1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
2. Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
3. Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
4. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
5. Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
6. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.
7. Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
8. Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
9. Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen)
dengan bilangan pokok yang sama.
10. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
11. Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.
12. Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.
B. Afektif
a. Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
1. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat
dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen
mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan
membantu orang lain.
2. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai.
Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan
hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau
mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
3. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung
jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan
atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
4. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung
jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk
kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
5. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain.
6. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
b. Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
1. Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
2. Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
3. Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
4. Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
V. Materi Ajar
a. Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
b. Notasi ilmiah.
c. Bilangan rasional.
d. Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
e. Operasi aljabar pada bentuk akar.
f. Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
g. Pangkat rasional:
- Bilangan berbentuk
atau
untuk
dan
himpunan bilangan asli.




- Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
- Persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.
h. Pengertian logaritma.
i. Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).
j. Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
k. Logaritma untuk perhitungan.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Kooperatif STAD
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
VII. Sumber/ Media Pembelajaran : Buku kelas x SMA
VIII. Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
Pertemuan pertama
A. Pendahuluan
Kegiatan | Waktu |
1. Apersepsi : Mengingat kembali beberapa jenis bilangan dan penulisannya. 2. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol, juga terbantu dalam menyederhanakan penulisan bilangan dengan notasi ilmiah. | 5 5 |
Kegiatan | Waktu |
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya, serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA Kelas X Semester Ganjil mengenai bilangan berpangkat bulat positif, mengenai bilangan berpangkat bulat negatif dan nol, dan mengenai notasi ilmiah). b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif atau negatif, cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya, serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. c. Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengenai pengubahan bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya, serta mengenai cara menyatakan suatu bilangan yang sangat besar atau sangat kecil ke dalam bentuk notasi ilmiah. d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat, pengubahan bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, pengubahan suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya, penentuan hasil operasi aljabar bilangan dalam notasi ilmiah, serta pengurutan bilangan dalam notasi ilmiah dari yang terkecil hingga yang terbesar sebagai tugas individu. e. Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan sebagai tugas individu. | |
Kegiatan | Waktu |
a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah dari “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. | 10 5 5 |
IX. Penilaian
1. Teknik Penilaian
2. Bentuk Instrumen
3. Instrumen
4. Kunci jawaban
5. Pedoman penskoran
Daftar Pustaka
Mengetahui,
Kepala MAN WAJO Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs. H.ABD HALIL Drs. ANDI HASANUDDIN, M.Si
NIP.10541222 198203 1 001 NIP. 19681001 199703 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar