Pages

SEJARAH GEOMETRI


SEJARAH GEOMETRI

            Geometri adalah ilmu yang tidak saja mengkaji sifat-sifat ruang tetrpi juga berkaitan dengan pengukuran baik panjang, lebar maupun volume.
Geometri berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo yang berarti tanah dan metre yang berarti pengukuran.
Menurut ahli sejarah Yunani, Herodotus (450 SM), geometri berasal dari Mesir,yaitu dari ilmu ukur tanah orang Mesir yang diperlukan akibat banjir yang sering terjadi di sungai Nil.
            Kehadiran geometri ditahun 1300 SM telah digunakan secara meluas untuk melakukan pengukuran panjang, luas, dan volume di Negara Mesir tersebut.  Thabit Ibn Qurra (836-891 M) daeri Harran, Mesopotamia adalah orang Islam yang ahli dalam bidang Geometri. Beliau melanjutkan usaha-usaha Al-Khwarizimi, dan menerjemahkan tujuh dari delapan karya Euclid, Archimedes dan Claudius Ptolemy yang akhirnya menjadi buku pedoman orang Islam.
            Ibnu Qurra menulis beberapa buku Geometri. Karya-karyanya antara lain: On the Premises of Euclid (pernyataan-pernyataan Euclid). Beliau diberi kehormatan karena karyanya yang berjudul Introduction to the Book of Euclid, yaitu sebuah risalah tentang Geometri.  Beberapa ahli-ahli Geometri orang muslim yaitu Ibn Al-Haitham (juga ahli optik), Al-Kindi (juga ahli optik, Al-Hajjaj Ibn Yusuf, dan Khwarizmi (di samping ahli aljabar). Khwarizmi telah menjelaskan teorema tentang segitiga sama sisi dan sama kaki, berdasarkan hasi menghitung luas segitiga, segiempat dan lingkaran. (Mutadi : Bergelut dengan Si Asyik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar